Semiotika Kemasan Produk Permen Milkita Rasa Coklat Dan Stroberi

                                                                    
     Kemasan adalah salah satu penentu keberhasilan dalam penjualan produk terkait dengan informasi pesan yang ingin disampaikan,untuk itu visualisasi dibuat semenarik mungkin. Demikian halnya dengan kemasan permen untuk anak-anak yang berada di toko-toko. Dalam penelitian ini saya melihat bagaimana kemasan permen milkita rasa coklat dan rasa stroberi yang dikonstruksikan sedemikian rupa sehingga rasa permen coklat mewakili  untuk anak laki-laki dan rasa stroberi untuk anak perempuan. 

    Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana konstruksi identitas perempuan dan laki-laki divisualisasikan pada kemasan produk permen rasa coklat dan stroberi melalui penggunaan tanda pada aspek visualnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah semiotika menurut Roland Barthes dengan melihat pada aspek penggunaan warna dan ilustrasi gambar kemasan dengan menggunakan analisa teori konstruksi sosial. Hasil dari analisa ini adalah kemasan permen milkita rasa coklat dengan visualisasi  warna dan ilustrasi gambarnya mewakili identitas anak laki-laki sementara kemasan rasa stroberi, visualisasi warna yang di sukai anak perempuan yang lebih feminin dan lembut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DESAIN POSTER VICTORIAN STYLE